Welcome to My Blog!

Dapatkan Barang Kesukaan anda disini.

Breaking

Selamat Menunaikan ibadah puasa :) Puasa Sebulan aja kok GAK KUAT! JOMBLO Bertahun-tahun aja kuat! hehe

Tuesday 9 May 2017

Pengertian Email, Mail Server, Mail Client & Etika mengirimkan email

Email

Email adalah surat elektronik yang digunakan mengirim & menerima surat memalui jaringan komputer/internet.

Manfaat atau kegunaan e-mail (Surat Elektronik)
  1. Media komunikasi, E-mail atau surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara persoal atau umum (komunitas).
  2. Media pengiriman, Dengan e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.
  3. Media promosi, Jika anda bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang ada.
  4. Media informasi, Melalui e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan.
  5. Alamat Media Identitas di Internet (Sosial media), Dengan e-mail, anda dapat mendaftar / menggunakan sosial media jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll hingga bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Dengan e-mail anda bisa membuat blog dan website.


Mail Server
Mail server adalah penyedia surat elektronik yang digunakan mengirim & menerima surat memalui jaringan komputer/internet.

Fungsi Mail Server
Mail server berfungsi sebagai pengatur atau penerima dan penyalur respon atas email yang masuk. Tak hanya itu fungsi utama dari program ini adalah sebagai aplikasi yang digunakan untuk menginstal email. Oleh karena itu aplikais ini sangat penting karena akan mengatur jalannya email dan merespon setiap email yang masuk.Protocol yang ada di email :
  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), digunakan untuk menampung dan mendistribusikan email, biasanya di sebut outgoing server/sending server
  • POP3 dan IMAP digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote melalui mail client, biasanya disebut incoming server/receiving mail.

Mail Client
Mail client adalah aplikasi yang digunakan untuk membuka, membuat surat, mengirim surat, dan melakukan konfigurasi terhadap akun email kita.

Beberapa contoh mail client : zimbra mail client, mozilla thunderbird, ms. outlook, webmail (di browser), dll.


Etika mengirim Email
To          => alamat penerima tujuan
Cc         => Carbon Copy/tembusan
Bcc        => sama seperti cc hanya saja si penerima email dan pengirim email saja yang mengetahui kalau si penerima yang di bcc kan
Subject => [Request] Request Barang
                     *dalam mengisi ini wajib menggunakan tag “[]” maksudnya untuk si penerima mengetahui langsung apa tujuan si pengirim mengirimkan email.
Content =>
                     To : Gudang
                     Cc : Spv
                     Dear Gudang,
                     Salam Pembuka
                     Isi

                     Penutup

No comments:

Post a Comment