Welcome to My Blog!

Dapatkan Barang Kesukaan anda disini.

Breaking

Selamat Menunaikan ibadah puasa :) Puasa Sebulan aja kok GAK KUAT! JOMBLO Bertahun-tahun aja kuat! hehe

Monday 8 May 2017

Langkah-langkah Sharing Files


Berbagi file memang asik. Apalagi di jaman ini teknologi sudah canggih. Sudah sebagian besar masyarakat dunia memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi. Misalnya masyarakat yang memiliki profesi pegawai kantor. Tentunya banyak tugas yang akan harus mereka selesaikan. Disinilah terkadang atau sering kita akan saling berbagi file kepada teman atau sebaliknya meminta file dari teman. Selain berbagi file yang merupakan tugas, misalnya dalam format .docx (Microsoft Word), kita juga pasti ingin berbagi file lain seperti musik, video, photos, dan sarana hiburan lainnya.

Untuk berbagi file di komputer, biasanya kita menggunakan periperal / perangkat tambahan, misalnya flashdisk. Periperal ini akan dipasang dari komputer satu ke komputer yang lain, karena file yang ada pada komputer di copy di flashdisk. Lalu melalui flashdisk, file yang telah di copy akan di paste ke komputer lainnya.

Tapi, sebenarnya ada cara lain untuk berbagi file dari komputer satu ke komputer yang lain, yaitu berbagi file dengan jaringan LAN. Cara ini menggunakan kabel LAN yang dipasang pada kedua komputer yang akan saling berbagi. No need to use flashdisk, bro....

Emang, gimana cih cara sharing file dengan jaringan LAN ?
Awalnya saya berpikir bahwa sharing file dengan cara ini hanya bisa dilakukan saat komputer konek/terhubung ke internet. Ternyata TIDAK.

Ya sudah. Kalau gitu, langsung aja ke pembahasan.

1.      Pilih file yang akan di sharing files.

2.      Kemudian agan klik kanan dan pilih properties dan pilih network and sharing center.

3.      Lalu turn on kan seperti pada gambar dibawah ini kemudian klik save changes.

4.      Setelah semua sudah diatur lalu pilih sharing.

5.   kemudian pilih everyone dan klik add, dan setting read/write jika yang mengambil dapat hak seluruhnya atau bias melihat file dan mengedit file, apabila pilih read  hanya dapat melihat file saja tanpa bias mengedit. Setelah itu klik share.


PENGUJIAN
1.      Anda bisa melihat data apa saja yang di sharing dengan cara mengetikkan IP address dari komputer yang melakukan sharing tersebut. Pada address bar kamu ketikan 192.168.56.120. IP address tentunya sesuaikan dengan yang Anda gunakan.


2.      Atau juga bisa langsung melalui menu network di bagian bawah.



Jika folder dan drive kamu berada disana, berarti kamu sudah berhasil SHARING FILE milikmu. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment